Membedah Tiga Ideologi Besar Dunia

Ada tiga ideologi yang terdapat di dunia, yaitu Kapitalisme, Sosialisme-Komunisme dan Islam. Masing-masing ideologi memiliki aqīdah yang melahirkan peraturan, mempunyai parameter bagi perbuatan manusia di kehidupan ini, memiliki konsep masyarakat yang unik dan methode tertentu untuk menerapkan peraturannya.

Dari segi aqīdah, Komunisme memandang bahwa materi adalah asal-usul segala sesuatu.  Melalui proses evolusi materialistiklah, materi berkembang dan mewujud menjadi segala sesuatu. Sedangkan Kapitalisme mewajibkan pemisahan agama dari seluruh lini kehidupan, yang berdampak pada pemisahan agama dari negara. Para Kapitalis tidak ingin berdebat apakah di sana ada pencipta atau tidak, juga tidak peduli apakah eksistensi tuhan diakui atau diingkari, mereka sepakat bahwa Tuhan tidak memiliki andil dalam mengatur urusan kehidupan. Jadi, mereka - yang mengakui maupun yang menolak eksistensi pencipta - memiliki aqīdah yang sama, yaitu pemisahan agama dari seluruh lini kehidupan.

Islam berpendapat bahwa Allāh-lah Pencipta segala sesuatu. Dialah yang mengutus para nabi dan rasūl dengan membawa agamaNya untuk ummat manusia. Dialah yang menghisab segala perbuatan manusia pada hari kiamat. Karena itulah, aqīdah Islām meliputi īmān kepada Allāh, para malaikatNya, kitab-kitabNya, para rasūlNya, hari kiamat, dan berīmān kepada qadhā dan qadar, potensi kebaikan dan keburukan keduanya dari sisi Allāh.

Dari segi bagaimana peraturan terlahir dari aqīdah, Komunisme melihat bahwa peraturan diambil dari alat-alat produksi, hal itu karena mereka melihat 

Comments

Popular Posts

Total Pageviews